MEMBANGUN LITERASI DIGITAL DI KALANGAN SISWA SD/MI, SMP/MTs DI DESA SETILING KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Lalu Delsi Samsumar, Zaenudin Zaenudin, Lale Puspita Kembang, Amirudin Kalbuadi

Abstract


Perkembangan dunia pada saat ini telah memasuki era revolusi industri 4.0. Pola kehidupan manusia telah berbasis informasi. Pemanfaatan teknologi yang baik mampu membantu perkembangan bidang-bidang penting dalam kehidupan masyarakat, seperti bidang pendidikan. Menyiapkan generasi yang berkualitas dan mampu bersaing secara global, serta menguasai perkembangan teknologi merupakan hal yang sangat penting untuk semua orang dan bagi masa depan suatu Bangsa dan Negara. Oleh karena itu literasi digital perlu dikembangkan dalam dunia pendidikan untuk membangun karakter bangsa yang lebih baik.
Gambaran umum kondisi siswa/siswi di Indonesia saat ini merupakan generasi digital native yang memiliki ketergantungan tinggi terhadap pencarian informasi di internet. Rendahnya tingkat literasi informasi di kalangan para siswa/siswi berdampak pada maraknya penjiplakan terhadap karya cipta. Oleh sebab itu, guru selaku pendidik dan tenaga perpustakaan sekolah harus memiliki keterampilan literasi informasi yang baik agar dapat mengajarkan kepada para peserta didiknya.
Kegiatan ini bertujuan untuk membekali siswa/siswi dengan keterampilan agar dapat mengakses, memproduksi, dan berbagi media pembelajaran digital dan juga dapat berperan aktif dalam sosialisasi hak intelektual, serta pemanfaatan sumber informasi secara efektif dan etis. Metode yang digunakan meliputi ceramah dan praktek menggunakan komputer. Realisasi capaian kegiatan berdasarkan indikator capaian yang telah ditentukan diperoleh capaian pada masing-masing indikator sebesar 90 persen.

Full Text:

PDF

References


We Are Social, “Digital 2021,” London, England, 2021. [Online]. Available: https://wearesocial.com/.

A. R. Sabrina, “Literasi Digital Sebagai Upaya Preventif Menanggulangi Hoax,” J. Comun. Stud., vol. 5, no. 2, pp. 31–46, 2019.

D. Kanematsu, H and M. Barry, “Theory of Creativity,” J. Springer, p. Page 9-12, 2016, [Online]. Available: http://www.springer.com/978-3- 319-19233-8.

P. Gilster, Digital Literacy. New York: Wiley: New York: Wiley, 1997.

Bawden, “Information and Digital Literacy: A Review of Concepts,” J. Doc., pp. 57(2). Hlm. 218–259, 2001.

M. & D. Madigan, Literacies for Age Digital Age. 2006.

C. dan S. P. Hague, Digital Literacy Across the Curriculum: a Futurelab Handbook. 2010.

B. H. B. Mustofa, “Proses Literasi Digital Terhadap Anak : Tantangan Pendidikan di Zaman Now,” J. Kaji. Inf. dan Pemustakaan, vol. 11, no. 1, pp. 115–130, 2019.

L. D. Samsumar, “Konsep, Strategi, Dan Implementasi Teknologi Informasi Berbasis Cloud Computing Pada Institusi Pendidikan Di Indonesia,” J. Explor., vol. 2, no. 5, 2016, [Online]. Available: http://ojs.utmmataram.ac.id/.

A. (The A. for C. and R. Libraries), “Information Literacy Competency Standards for Higher Education,” 2000.

& H. Khasanah, Uswatun., “Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0),” J. Dokumentation, vol. 4, no. 2, pp. 999–1015, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.