PELATIHAN BERBICARA BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA DI SDN 2 KEKERI

Sartika H

Abstract


Abstract

Learning foreign languages, especially English is great to start as early as possible because children at a young age are very good at imitating and adapting to how language is pronounced. This English speaking class aims to improve the quality of human resources which is carried out by practicing speaking English for elementary students of SDN 2 Kekeri. This program was held in July 2021. The method applied is the provision of material and practice. The basic English material given to students includes reading, writing, speaking, and listening. The results show that this program provides great benefits for students to increase their enthusiasm for learning foreign languages. This was proven by the big enthusiasm shown by the students in participating in this English speaking class.

Keywords: English Class, Speaking, EFYL, Elementary school students.

 

Abtsrak

Belajar bahasa asing terutama Bahasa Inggris sangat baik jika dimulai sedini mungkin karena anak kecil sangat pandai meniru dan beradaptasi dengan cara pengucapan bahasa. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang mana dilakukan dengan cara melatih berbicara Bahasa Inggris untuk siswa SDN 2 Kekeri. Kegiatan ini dilakukan dengan cara pengajaran di kelas pada bulan Juli 2021. Metode yang diterapkan adalah pemberian materi dan praktek. Materi yang diberikan kepada para siswa berupa bahasa Inggris dasar yang mencakup reading, writing, speaking, dan listening. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa kegiatan ini memberikan manfaat yang besar bagi para siswa untuk meningkatkan semangat mereka untuk belajar bahasa asing terbukti dengan para siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan berbicara bahasa Inggris ini.

Kata kunci: Kelas Bahasa Inggris, Berbicara, EFYL, Siswa Sekolah Dasar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Buku:

EYLC Team. 2021. Teacher's Book – My Next Words Grade I. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Lala Intan Gemala, dkk. 2021. My Next Word Grade 1 - Student's Book for Elementary School. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Artikel:

Ali, Sri Widyarti. 2021. ”Pelatihan Bahasa Inggris Komunikatif dengan Menggunakan Metode Role Play bagi Anak Usia Sekolah Dasar”. Universitas Negeri Gorontalo.

Bania, Allif Syahputra, Imran, Nursamsu, dan Fadlia. 2021. “Pelatihan Bahasa Inggris pada Anak di PKBM Huda Wan Nur. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 4, No. 4, 18-24.

Fitria, Rini, Ervina, Kurniati, dan Astafi, R. 2021. ”Pendampingan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Panti Asuhan Dayang Dermah Bengkalis”. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol. 2, No. 1, 56-61.

Kamlasi, I. (2019). ”Bimbingan Belajar Bahasa Inggris bagi Anak-anak Sekolah Dasar”. Jurnal Abdimas BSI; Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 260- 267.

Saputro, Erwan Adi, Yogaswara, R.R., Erliyanti, N.K., dan Billah, M. 2021. ”Pelatihan Berbicara Bahasa Inggris secara Online “Daily Activities” dengan Zoom Meeting” Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik Mesin (Abdi-Mesin) Vol. 1, No. 1, 7-11.

Warman, J. S., & Mardiyah, F. 2019. “The Implementation and Effectiveness of Integrated Approaches in Improving English Basic Skills for Beginners. JEELL (Journal of English Education, Linguistics and Literature), 6 (1), 1-10.

Warman, J. S., Mardian, V., Suryani, L., Fista, F. R., & Irwan, I. 2019. “Program Pelatihan Penigkatan Kemampuan Bahasa Inggris Anak-anak Panti Asuhan melalui Pemberdayaan Mahasiswa. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 280-285.

Widyahening, E. T. dan Ma’fiah, I. 2019. “Penggunaan Media Word Webs Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Di SdN 01 Suruh Tasikmadu Karanganyar”. Adiwidya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 50-59.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.