PELATIHAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Anggun Variasi Islami, M. Abdurrahman sunni

Abstract


ABSTRAK

Latar belakang dan karakteristik siswa yang beragam menyebabkan pola belajar yang beragam pula sehingga dibutuhkan sebuah model pembelajaran yang dapat mengakomodasi hal tersebut. Kurikurum baru yang disebut sebagai Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada guru dan sekolah untuk memilih materi yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswanya. Dengan adanya kurikulum tersebut terbentuklah sebuah model pembelajaran baru yang namanya model pembelajaran berdiferensiasi. Model pembelajaran tersebut masih asing dan penting untuk diperkenalkan kepada para guru. Pelatihan dilakukan di SMA IT Syaikh Abdurrahman Kotaraja. Bagi guru tentu tidak mudah mengadaptasi model baru akan tetapi antusias dari guru sangat positif sehingga semoga kedepannya menjadi alternatif untuk pelaksanaan pembelajaran.

Kata kunci: pembelajaran berdiferensiasi, kurikulum merdeka

Full Text:

PDF

References


Breaux, Elizabeth & magee, Monique B. 2013. How the best teachers differentiate instruction. NY: Routledge

Darise, G. N. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi sebagai solusi alternatif pendidikan diIndonesia dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Iqra', 13(2), 41-53.

Kristiani. Heny. Dkk. 2021. Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) Pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar Di SMPN 20 Kota Tangerang Selatan. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi : Jakarta

Rusmiati, M.N., dkk. 2019. Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 7 (2) (2023) 1490-1499.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.