PENGGUNAAN MEDIAL SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI PROMOSI PENGEMBANGAN KAWASAN MADU KELULUT

Novianti Puspitasari, Aprilia Jatiningtiyas Ragil Putri, Intan Maranatha Sitorus, Rafjan Asta Risky, Syadariani Syadariani, Ponco Prasetyo, Rahul Maulana, Rahmayanti Rahmayanti

Abstract


Strategi promosi melalui platform media sosial Instagram dengan tujuan mengembangkan kawasan yang fokus pada Kelulut. Dengan memanfaatkan fitur visual dan interaktif Instagram, strategi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang manfaat Kelulut, potensi ekonomi yang terkait, serta pentingnya pelestarian lingkungan dalam konteks kawasan tersebut. Melalui konten yang menarik dan edukatif, diharapkan strategi promosi ini dapat memperluas jangkauan informasi, membuka peluang baru, dan mendorong partisipasi aktif dalam pengembangan Kelulut.

Full Text:

PDF

References


S. Maryolein, N. D. Hapsari, and R. C. Oktaviani, “Instagram Sebagai Media Publikasi dalam Membangun Brand Awareness Jakarta Aquarium,” Avant Garde, vol. 7, no. 1, p. 19, 2019, doi: 10.36080/avg.v7i1.849.

D. Farahdiba, “Konsep dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen Menuju Era Disrupsi,” J. Ilm. Komun. Makna, vol. 8, no. 1, pp. 22–28, 2020, doi: 10.30659/jikm.v8i1.7992.

A. Muhardono and D. Satrio, “Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM di Desa Kertoharjo Kelurahan Kuripan Kertoharjo,” E-Amal J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 3, pp. 359–368, 2021, doi: 10.47492/eamal.v1i3.888.

D. Mafulla, S. Hestianah, and A. Kholik, “Efektifitas Media Sosial Instagram Sebagai Strategi Promosi Online Kawasan Wisata Pacet Mojokerto,” El-Idaarah (jurnal manajemen), vol. 1, no. 2, pp. 1–8, 2021.

I. D. Aryani and D. Murtiariyati, “Instagram Sebagai Media Promosi dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan pada A.D.A Souvenir Project,” J. Ris. Akunt. dan Bisnis Indones. STIE Widya Wiwaha, vol. 2, no. 2, pp. 466–477, 2022, doi: 10.32477/jrabi.v2i2.479.

T. A. Nugroho and F. C. Azzahra, “Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Social Commerce Usaha Bro.Do,” J. Pustaka Komun., vol. 5, no. 1, pp. 136–149, 2022, doi: 10.32509/pustakom.v5i1.1883.

P. Choirina et al., “Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Pemasaran dan Ketahanan Pangan untuk Produk UMKM pada Kopi Mbah Bongso di Dusun Babadan,” J. Abdi Masy. Saburai, vol. 4, no. 1, 2023.

L. D. Samsumar, Z. Zaenudin, L. P. Kembang, and A. Kalbuadi, “Membangun Literasi Digital Di Kalangan Siswa SD/MI, SMP/MTS Di Desa Setiling Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah,” J. Abdimas Darma Bakti, vol. 1, no. 1, pp. 8–17, 2022.

U. H. Yulianto, “Dampak Penerapan Sosial CRM dan Peran Instagram sebagai Alat Promosi Pariwisata (Jawa Timur Park 3),” JESYA, vol. 6, no. 2, pp. 2230–2241, 2023, doi: 10.36778/jesya.v6i2.1215.

I. Ozali and I. Rahayu, “Analisis Strategi Pemasaran dalam Rangka Peningkatan Wisatawan Bintan Resort Melalui Media Sosial Instagram,” Innov. J. Soc. Scince Res., vol. 3, no. 3, pp. 6710–6723, 2023.

J. K. Lontoh, A. L. Tumbel, and R. Kawet, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Bagi Pengembangan Pemasaran Wisata Danau Linow Di Kota Tomohon,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 8, no. 4, pp. 11–20, 2020.

W. Saifudin, S. S. Alamiyah, R. P. Mustikasari, and P. Tanoyo, “Pelatihan Pengelolaan Media Sosial Digital Desa Wisata Alassumur,” J. Abdimas Bela Negara, vol. 3, no. April, pp. 68–78, 2022.

M. H. Batubara, N. Nurmalina, A. K. P. Nasution, A. Agusmawati, and A. Maharani, “Pelatihan Media Sosial Instagram untuk Sarana Promosi Ekowisata,” JPMA - J. Pengabdi. Masy. As-Salam, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2021, doi: 10.37249/jpma.v1i1.253.

P. P. Dewi and R. Kurniawan, “Optimalisasi Media Sosial sebagai Sarana Promosi Wisata Tukad Unda Berbasis Partisipasi Pengunjung,” Empower. J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 03, pp. 278–285, 2021, doi: 10.25134/empowerment.v4i03.4404.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.