PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI ARTSHOP PATUH DESA SUKARARA LOMBOK TENGAH

Fitria Ika Agustina, Agus Marjan Saputra, Rian Indranopa, Danuar Ilhami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen di Artshop Patuh, Desa Sukarara, Lombok Tengah. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan populasi wisatawan domestik yang pernah berkunjung dan melakukan pembelian. Jumlah sampel ditentukan dengan rumus Lemeshow sebanyak 95 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner tertutup dengan skala Likert. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS, setelah melalui uji validitas, reliabilitas, serta asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (β = 0,510; p < 0,001), sementara promosi tidak berpengaruh signifikan (β = -0,093; p = 0,561). Secara simultan, kedua variabel juga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (F = 0,732; p = 0,484). Penelitian ini menyarankan agar Artshop Patuh lebih memprioritaskan peningkatan kualitas layanan daripada promosi, dan melakukan evaluasi strategi promosi agar lebih tepat sasaran.

Full Text:

PDF

References


Alimin, Z., Lestari, S., & Santoso, A. (2022). *Manajemen Pemasaran*. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.

Dewi, L. K. (2018). *Manajemen Pemasaran*. Surabaya: Penerbit Mandar Maju.

Ghozali, I. (2021). *Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25*. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). *Prinsip-Prinsip Pemasaran* (Edisi 12). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). *Marketing: An Introduction* (11th ed.). New Jersey: Pearson Education.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2013). *Marketing Management*. New Jersey: Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). *Manajemen Pemasaran* (Edisi ke-13, Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). *Marketing Management* (15th Global Edition). Pearson Education Limited.

Laksana, F. (2019). *Manajemen Pemasaran Strategik*. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lovelock, C. H., & Wright, L. K. (2007). *Manajemen Pemasaran Jasa*. Jakarta: Indeks.

Lupiyoadi, R. (2001). *Manajemen Pemasaran Jasa*. Jakarta: Salemba Empat.

Masruri. (2004). *Manajemen Kualitas Pelayanan*. Yogyakarta: BPFE.

Sekaran, U. (1992). *Research Methods for Business*. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Simamora, B. (2011). *Manajemen Pemasaran Internasional*. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2017). *Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D*. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2022). *Statistik untuk Penelitian*. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2019). *Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran*. Bandung: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Syahputra, D. (2019). *Strategi Promosi dan Pemasaran Produk*. Jakarta: Deepublish.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). *Pemasaran Strategik*. Yogyakarta: Andi.

Wykoff, D. D. (2001). *How to Measure Service Quality*. New York: Free Press.

Zeithaml, V. A., & Bitner, M. J. (2006). *Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm*. New York: McGraw-Hill.

Zainurossalamia, S. (2020). *Pemasaran Modern*. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35200/solid.v15i2.758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Solid

Jalan Kampus Universitas Teknologi Mataram Kekalik Jaya Kota Mataram Prov. NTB - 83126
Telp:082 339 778 340

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Statistic Pengunjung