PELATIHAN LITERASI DIGITAL DALAM MENDUKUNG KEGIATAN UMKM PENGRAJIN KAIN TENUN SONGKET DI DESA BATUJAI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Lale Puspita Kembang, Amirudin Kalbuadi, Ardiyallah Akbar

Abstract


Perkembangan dunia telah memasuki era revolusi industri 4.0. Pola kehidupan manusia telah berbasis informasi digital. Pemanfaatan teknologi yang baik mampu membantu perkembangan bidang-bidang penting dalam kehidupan masyarakat, seperti pelaku UMKM. Oleh karena itu literasi digital perlu dikembangkan dalam dunia UMKM untuk mendukung kegiatan usaha yang lebih baik.
Gambaran umum kondisi para pelaku UMKM pengrajin kain tenun songket khususnya di Desa Batujai Lombok Tengah masih mengandalkan cara-cara konvensional dalam menjalankan kegiatan usahanya, dalam hal promosi dan pemasaran produk. Rendahnya tingkat keterampilan literasi digital di kalangan para pelaku UMKM berdampak pada minimnya tingkat penjualan produk serta belum terlalu dikenal secara luas.
Kegiatan ini bertujuan untuk membekali para pelaku UMKM dengan keterampilan teknologi informasi secara umum agar dapat mengakses dan memproduksi konten dari berbagi media digital, seperti membangun jejaring pemasaran, fotografi sebagai kemampuan dasar kegiatan pemasaran digital produk, dan media sosial sebagai wahana promosi dan pemasaran. Metode yang digunakan adalah ceramah dan praktek menggunakan komputer/gadget peserta. Dalam pelatihan ini berhasil memaksimalkan gadget dan media sosial yang dimiliki oleh para peserta, terutama grup-grup yang sudah ada, untuk meningkatkan penjualan. Realisasi capaian kegiatan berdasarkan indikator capaian yang telah ditentukan diperoleh capaian pada masing-masing indikator sebesar 95 persen

Full Text:

PDF

References


S. A. Dedi Purwana ES, Rahmi, “PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DI KELURAHAN MALAKA SARI, DUREN SAWIT,” J. Pemberdaya. Masy. Madani, vol. 1, no. 1, pp. 1–17, 2017.

We Are Social, “Digital 2021,” London, England, 2021. [Online]. Available: https://wearesocial.com/.

L. D. Samsumar, Z. Zaenudin, and ..., “Membangun Literasi Digital Di Kalangan Siswa SD/MI, SMP/MTS Di Desa Setiling Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah,” J. Abdimas …, vol. 1, no. 1, pp. 8–17, 2022, [Online]. Available: https://ojs.utmmataram.ac.id/index.php/abdimas/article/view/560.

D. Kembang, L., P., Mahmud, Samsumar, L., “Pengaruh Sosial Media Pemasaran Terhadap Penjualan Hasil Industri Kerajinan Tenun Songket Rumahan Di Lombok Tengah,” J. Manaj. Bisnis Krisnadwipayana, vol. 9, no. 1, 2021, [Online]. Available: https://ojs.ekonomi-unkris.ac.id/index.php/JMBK/article/view/524.

Z. Samsumar L.D., Wili Wize Ananda, “Konsep, Strategi, Dan Implementasi Teknologi Informasi Berbasis Cloud computing Pada Institusi Pendidikan Di Indonesia,” J. Explor., 2016.

P. Gilster, Digital Literacy. New York: Wiley: New York: Wiley, 1997.

Bawden, “Information and Digital Literacy: A Review of Concepts,” J. Doc., pp. 57(2). Hlm. 218–259, 2001.

M. & D. Madigan, Literacies for Age Digital Age. 2006.

L. D. Samsumar, “Konsep dan Tantangan Penggunaan Teknologi e-Money Sebagai Alat Pembayaran Alternatif di Indonesia,” J. Method., vol. 2, no. 1, pp. 102–107, 2016, [Online]. Available: http://www.methodika.net/index.php/jurnalmethodika/article/view/18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.